MTsN 2 Kembangkan Ekstrakurikuler Sarafal Anam

MTsN 2 Kembangkan Ekstrakurikuler Sarafal Anam

Ist/CE Ekstrakulikuler Sarafal Anam MTsN 2 RL saat mengikuti kegiatan di Provinsi Bengkulu.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Rejang Lebong mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler Sarafal Anam.

Adapun ekskul ini merupakan salah satu kesenian masyarakat Bengkulu yang memadukan antara budaya dan juga syariat agama Islam yang disajikan dalam bentuk mengiramakan sebuah lagu namun berisikan dengan nuansa islami yang berisikan puji – pujian terhadap sang pencipta.

Dilaksanakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan budaya Bengkulu yang juga bernuansa Islami kepada anak didik sekolah tersebut sehingga bisa berguna bagi nusa dan bangsa.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan kepala MTsN 2 RL Wawan Harianto SPd MM melalui wakil kesiswaan MTsN 2 Rejang Lebong, Ropal Setiawan SH.

BACA JUGA: 220 Guru Madrasah Ikuti USKA PPG 2023, Dilaksanakan di MTs dan MA Muhammadiyah

BACA JUGA:Warung Makan Jangan ‘Vulgar’ Saat Ramadhan

“Saat ini kami sedang mengembangkan ekstrakurikuler Sarafal Anam di sekolah kami, dan syukur alhamdulillah antusias siswa sangat besar untuk mengikutinya,” ujarnya.

Dikatakannya bahwasanya ekskul yang baru mulai dikembangkan pada semester satu tahun ajaran 2022/2023, saat ini sudah banyak dilibatkan dalam kegiatan di desa tempat tinggalnya yakni Desa Barumanis Kecamatan Bermani Ulu, bahkan dalam mengembangkan ekskul tersebut siswanya pernah mengikuti kegiatan sampai tingkat provinsi Bengkulu.

“Untuk saat ini kami sudah mempunyai satu grup Sarafal Anam yang terdiri dari 14 orang siswa putra, yang sudah banyak terlibat di acara desa seperti pernikahan, acara aqiqah atau cukur rambut bayi, Khatam Al Quran dan dan acara acara besar lainnya,” jelasnya.

BACA JUGA:Warga Curup Ditemukan Tewas di Pondok Kebun Jeruk

BACA JUGA:Polisi Lumpuhkan Begal Jalan Lintas, 3 Lagi Masih Diburu

Ropal mengatakan bahwasanya dalam penerapan ekskul tersebut dirinya di bantu oleh Resman Suryadi S PdI untuk melatih siswanya dalam melaksanakan ekskul pada setiap hari Sabtu sore.

“Harapan Kami dengan ekskul sarafal Anam ini Mts kami lebih dikenal dan siswa kami bisa berguna bagi masyarakat RL terutama warga kecamatan Bermani Ulu Desa Baru Manis,” pungkasnya.

Sumber: