Desember Ini Calon Jemaah Haji Rejang Lebong Ikuti Manasik Haji

Desember Ini Calon Jemaah Haji Rejang Lebong Ikuti Manasik Haji

DOK/CE -Kegiatan manasik haji bagi CJH Rejang Lebong tahun 2023.-

REJANGLEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong menyebut, jika pada bulan Desember mendatang pihaknya berencana bakal kembali mengadakan manasik haji bagi para CJH yang akan berangkat di 2024. Ini dilakukan sebagai salah satu langkah persiapan musim haji sedini mungkin.

"Bulan depan rencananya kita adakan lagi manasik haji bagi para CJH. Sedangkan bulan ini belum ada," ungkap Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Rejang Lebong, H Lukman SAg MHI melalui Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah, M Adityawarman Budi SAg di Curup.

Adapun untuk saat ini, kata dia, pihaknya tengah mempersiapkan sejumlah dokumen penting CJH seperti halnya paspor dan pas foto terbaru untuk dikirim ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:

"Untuk posisi sekarang kita sedang menyiapkan beberapa dokumen CJH yang akan berangkat di musim haji tahun depan, itu kita kirim ke Kanwil," jelasnya.

Berkaitan dengan hal itu, sebut dia, Kemenag Rejang Lebong mengimbau kepada seluruh CJH yang telah dijadwalkan akan berangkat di tahun 2024 ini untuk membuat paspor secepat mungkin.

"Kami imbau dan minta para CJH secepatnya membuat paspor keberangkatan, karena semakin cepat kita bersiap, maka semakin baik nanti," tuturnya.

Lebih jauh Adit mengatakan, jumlah kuota haji tahun 2024 yang diterima Kabupaten Rejang Lebong telah ditentukan sebanyak 228 jemaah. Dimana jumlah tersebut diketahui bertambah satu jemaah dari tahun 2023 sebelumnya.

"Kuota haji daerah kita untuk pemberangkatan atau musim haji tahun 2024 sudah ditetapkan sebanyak 228 jemaah," terangnya.

Ia juga menjelaskan, untuk jumlah jamaah umum tahun depan masih sama seperti kuota haji di 2023 yakni sebanyak 221 jemaah. Hanya saja untuk kuota calon jemaah haji (CJH) lansia yang bertambah menjadi 7 jemaah, yang di tahun sebelumnya berjumlah 6 jemaah.

BACA JUGA:

"Jadi yang bertambah satu orang itu kuota jemaah lansia dari 6 menjadi 7 jemaah," bebernya.

Menurut dia, jumlah tersebut belum termasuk kuota tambahan dari pusat. Karena kalau untuk kuota tambahan pihaknya belum menerima regulasinya.

"Daftar tunggu haji Rejang Lebong saat ini tercatat sebanyak 4.800an jamaah. Para jemaah tersebut merupakan CJH yang sudah mendaftar sejak tahun 2012 hingga tahun ini," tandasnya.

Sumber: