Kesbangpol Rejang Lebong Ajak Ratusan Ormas Sukseskan Pemilu 2024

Kesbangpol Rejang Lebong Ajak Ratusan Ormas Sukseskan Pemilu 2024

IST/CE Sosialisasi yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Rejang Lebong dengan pesertanya Ormas, Orsos dan LSM.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Sedikitnya di Kabupaten Rejang Lebong, ada 200 organisasi masyarakat (Ormas) yang terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kabupaten Rejang Lebong. Mengingat saat ini, tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah berjalan, Kesbangpol Kabupaten Rejang Lebong mengajak Ormas untuk ikut andil dalam pelaksanaan Pemilu khususnya di Kabupaten Rejang Lebong.

Kaban Kesbangpol Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Effendi SE mengatakan suksesnya pelaksanaan Pemilu ini, bukan hanya menjadi tanggungjawab Komisi Pemilihan Umum (KPU) saja, namun suksesnya pemilu juga menjadi tanggungjawab masyarakat termasuk para Ormas di Kabupaten Rejang Lebong.

BACA JUGA:

"KPU ini tidak bisa berjalan sendiri dalam mensukseskan Pemilu. Oleh karena itu, Ormas ini juga harus memiliki andil guna melakukan pengawasan setiap tahapannya," ujarnya dalam kegiatan sosialisasi peran serta Ormas, orsos dan LSM untuk menyukseskan Pemilu.

Menurut Zulfan, bahwa dalam kegiatan sosialisasi yang digelar Kesbangpol Kabupaten Rejang Lebong belum lama ini, Ormas dinilai efektif untuk ikut mensosialisasikan tahapan Pemilu.

BACA JUGA:

"Dalam sosialisasi yang kami gelar ini, hanya perwakilan masing-masing organisasi mengingat ruangan yang terbatas. Namun kami berharap perwakilan ini, nantinya dapat menyebarluaskan apa saja materi yang disampaikan dalam sosialisasi. Salah satu mengajak, masyarakat yang lain agar tidak golpot dan dapat memberikan suaranya pada Pemilu yang akan datang. Karena suara ini lah yang juga menentukan keberlanjutan pembangunan pembangunan daerah ke depan," sampainya.

Lanjut Zulfan, dalam sosialisasi itu juga pihaknya juga menghadirkan narasumber dari berbagai pihak. Mulai dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Rejang Lebong dengan materi sosialisasi penanganan kasus dugaan tindak pemilu. Karena Kejari ini menjadi salah satu bagian dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

BACA JUGA:

"Kemudian dari Polres Rejang Lebong, tentang persiapan Pemilu, pengerahan personel guna melakukan pengamanan tahapan Pemilu dan sebagainya. Kami berharap dengan sosialisasi ini, para peserta dapat memahami mengenai pentingnya pemahaman tentang tahapan pemilu. Dengan harapan, para peserta juga menjadi salah satu upaya mengajak masyarakat untuk menggunakan hak suaranya demi suksesnya pemilihan umum tahun depan," pungkasnya.

Sumber: