Pemenang Lomba Dewi Provinsi Diumumkan Hari Ini, 2 Desa dari Rejang Lebong

Pemenang Lomba Dewi Provinsi Diumumkan Hari Ini, 2 Desa dari Rejang Lebong

Net Instagram @disparprovbengkulu.--

REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Rejang Lebong mengungkapkan bahwa, pada Jumat (18/11) hari ini akan diumumkan pemenang lomba desa wisata (Dewi) tingkat Provinsi Bengkulu.

Sebagaimana diketahui, ada dua desa perwakilan Kabupaten Rejang Lebong yang lolos 10 besar dan kini tengah bersiap untuk pengumuman tersebut.

BACA JUGA:

"Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Dispar Provinsi, kalau besok (hari ini, red) itu akan diumumkan desa mana yang akan keluar sebagai pemenang dan desa mana saja yang akan menduduki posisi 5 besar," ungkap Kepala Dispar Rejang Lebong, M Budianto ST MT melalui Kabid Destinasi dan Industri, Leni Kurniati S Hut saat dihubungi CE, kemarin.

Adapun kedua desa perwakilan Rejang Lebong yang masuk 10 besar sebelumnya, sebut dia, yakni Desa Cawang Lama Kecamatan Selupu Rejang dan Desa IV Suku Menanti Kecamatan Sindang Dataran.

BACA JUGA:

Ia melanjutkan, pada Senin (6/11) lalu tim juri/penilai dari Provinsi Bengkulu mengunjungi kedua desa tersebut untuk melakukan penilaian secara langsung.

"Beberapa hari laku Tim penilai dari Provinsi Bengkulu sudan datang ke Desa Cawang Lama dan IV Suku Menanti, mereka melakukan penilaian langsung ke desa itu," tuturnya.

Menurut dia, yang dinilai dalam lomba Dewi Provinsi Bengkulu ini bukan hanya dari sisi keindahan alam dan daya tarik objek wisata saja. Melainkan, kelengkapan sarana dan prasarana pendukung seperti toilet, akses jalan, dan home stay.

BACA JUGA:

"Jadi banyak hal dan faktor yang mereka Tim Juri nilai. Bahkan termasuk juga ada tidaknya keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan desa wisata dimaksud," jelasnya.

Berkaitan dengan itu, ia menambahkan, diharapkan salah satu dari kedua desa tersebut bisa keluar sebagai pemenang dan satu desanya lagi berada di 3 atau 5 besar.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Rejang Lebong, Drs H Syamsul Effendi MM menyampaikan, jika dirinya secara pribadi berharap kedua desa perwakilan Rejang Lebong itu bisa lolos dan masuk dalam 3 besar.

BACA JUGA: Oktober, Pemenang ADWI Ditetapkan

"Kalau saya yang pinginnya kedua desa kita keluar sebagai pemenang nanti," ujarnya.

Menurut Bupati, dalam hal ini ia tidak memiliki hak dan kapasitas karena ada tim teknis yang berkompeten dalam memberikan penilaian-penilaian terhadap Dewi yang berhak dan layak keluar sebagai pemenang diakhir nanti.

"Bagi kawan-kawan yang bertugas, lakukanlah tugas itu se objektif mungkin. Kemudian dari kedua desa itu siapa yang paling siap dari berbagai sisi/aspek ya mungkin itulah yang diunggulkan," demikian Bupati. 

 

Sumber: