Bayar PDAM Kini Bisa Lewat 'Dana'

Bayar PDAM Kini Bisa Lewat 'Dana'

Hendra Novianza--

REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM - Bagi masyarakat di Kabupaten Rejang Lebong, khususnya para pelanggan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) air minum Tirta Bukit Kaba (TBK) Rejang Lebong, kini pembayaran air minum sudah bisa dilakukan melalui dompet digital yakni aplikasi Dana.

"Kami baru saja meluncurkan sebuah inovasi baru, dimana dalam hal membayar air minum sekarang sudah bisa lewat aplikasi Dana," ungkap Direktur Perumda air minum TBK Rejang Lebong, Hendra Novianza SE yang diwawancara CE di Curup, kemarin.

BACA JUGA:

Ia menjelaskan, inovasi ini dikeluarkan sebagai upaya Perumda TBK dalam mempermudah sistem pelayanan kepada para pelanggan. Sehingga pembayaran air minum bulanan tidak perlu harus datang langsung ke Kantor Perumda atau ke loket-loket yang sudah bekerja sama dengan Perumda TBK.

"Jadi ini untuk lebih memudahkan masyarakat. Yang selama ini mungkin bayar ke loket-loket atau ke Kantor Perumda langsung, sekarang lewat Dana bisa bayar dimana saja dan kapan saja. Sehingga lebih hemat waktu," terangnya.

Adapun tata cara pembayaran air minum lewat aplikasi ini, papar dia, pertama buka aplikasi Dana, lalu cari menu PDAM/AIR. Setelah itu klik di pencarian dengan kata kunci 'Rejang Lebong atau PDAM TIRTA BUKIT, kalau sudah muncul lalu klik dan masukkan ID pelanggan.

BACA JUGA:

 

"Tata caranya sangat mudah dan simpel, masyarakat pelanggan jadi bisa bayar kapan saja dan dimana saja," ujarnya.

Selain itu, lanjut Hendra, Perumda air minum TBK juga telah bekerja sama dengan salah satu perusahaan ritel modern yakni Indomaret dalam mempermudah pembayaran air minum.

"Selama ini Perumda juga sudah ada kerjasama dengan Indomaret untuk pembayaran air minum ini. Sebenarnya perusahaan ritel ternama yang satu lagi juga sudah kami usulkan dan masukkan proposal kerjasama, cuma sampai sekarang belum ada respon," jelasnya.

BACA JUGA:

 

Menurut dia, dengan semakin mudahnya sistem pelayanan air minum ini, diharapkan kepatuhan pelanggan Perumda TBK dalam membayar air minum bulanan akan semakin meningkat.

"Kami berharap para pelanggan jadi lebih patuh dan taat lagi bayar air minumnya pasca bisa lewat Dana," harap dia.

Adapun jumlah pelanggan Perumda air minum TBK, tambah dia, saat ini kurang lebih tercatat ada sebanyak 14.500 pelanggan yang tersebar dalam hampir seluruh wilayah kecamatan di Rejang Lebong. 

Sumber: