IAIN Curup 926 Mahasiswa Baru Ikuti Pengenalan Lingkungan Kampus

IAIN Curup  926 Mahasiswa Baru Ikuti Pengenalan Lingkungan Kampus

IST/CE Tampak mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PBAK.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Sebanyak 926 mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, sejak Kamis, 1 September 2022 kemarin mengikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) pada ajaran baru tahun 2022.

Dimana pembukaan PBAK yang dilaksanakan di Gedung Aula IAIN Curup kemarin dibuka secara resmi langsung oleh Rektor IAIN Curup Prof Dr Idi Warsah MPdI.

Dikatakan Warek III IAIN Curup Dr Fakhrudin SAg MPdI, kegiatan PBAK yang dilaksanakan tersebut, sebagai ajang pengenalan mahasiswa baru terhadap lingkungan sekitar kampus IAIN Curup. Serta pengenalan fakultas dan prodi secara akademik kepada mahasiswa baru.

"Selama 2 tahun ini kegiatan PBAK yang ada di kampus IAIN Curup tidak dijalankan secara optimal. Untuk itu di tahun ini, pada pelaksanaan PBAK kami laksanakan semaksimal mungkin. Dimana PBAK ini sendiri kami laksanakan selama 3 hari, dari tanggal 1-3 September ini," ucapnya.

BACA JUGA:BOS TW 3 Bisa Dicairkan

BACA JUGA:Program BKK Sudah Mulai Tahap Salur, 4 Desa Sudah Lakukan Pemberkasan BKK

Selain untuk pengenalan lingkungan kampus, sambung Warek, kegiatan PBAK ini dilaksanakan untuk pembentukan karakter dan mental siswa. Dimana melalui PBAK ini pihak kampus berharap, agar mahasiswa baru dapat membuat sifat siswanya untuk menjadi mahasiswa seutuhnya.

"Kita ingin memberikan transformasi kepada mahasiswa baru dari siswa menjadi mahasiswa. Tentu bukan hanya secara formalnya saja, melainkan lebih dalam secara karakter. Yaitu karakter keislaman dan karakter kemahasiswaannya, serta peningkatan mental yang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya," terang Warek.

Sementara itu dikatakan Ketua Panitia Pelaksana PBAK tahun 2022 Muhammad Ajai Diwo Saktai, kegiatan PBAK yang dilaksanakan selama 3 hari ini sama seperti dengan PBAK yang dilaksanakan pada umumnya. Dimana selain mengenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru. Pada PBAK juga mahasiswa baru akan diberikan serangkaian materi dasar dari fakultas dan juga prodi.

"Hari ini (kemarin,red), kegiatan PBAK yang dilaksanakan adalah penyampaian materi dari fakultas dan materi dari prodi. Dimana setiap mahasiswa akan dibentuk kelompok menjadi per fakultas untuk diberikan materi, lalu dilanjutkan dengan kelompok per prodi untuk materi dasar yang diberikan," sampainya.

BACA JUGA:Jaksa Telusuri Aliran Dana Korupsi Mantan Kades Lubuk Tanjung

BACA JUGA:Wali Murid Lapor Soal Baju Seragam, Komisi I Panggil Dikbud dan Kepsek

Lebih lanjut masih dikatakan Ajai, jika hari terakhir PBAK ini, dilaksanakan kegiatan outbond yang akan dilaksanakan di halaman perpustakaan IAIN Curup, dan juga kegiatan baksos di sekitar lingkungan kampus IAIN Curup.

"Hari ini, untuk memberikan relaksasi kepada mahasiswa baru, kegiatan PBAK diisi dengan kegiatan outbond dan juga baksos. Dimana besok para mahasiswa seluruhnya diminta untuk beristirahat, sembari di tanggal 5 nya mulai masuk kembali untuk melaksanakan perkuliahan iftitah," singkatnya. (CE3)

Sumber: