Tingkatkan Pembangunan Fasilitas Umum di RL Pemkab Hibahkan Lahan ke Desa Pungguk Lalang

Tingkatkan Pembangunan Fasilitas Umum di RL Pemkab Hibahkan Lahan ke Desa Pungguk Lalang

NICKO/CE Rapat musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian di Ruang Rapat Asisten 1 Pemda RL. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Sehubungan dengan percepatan pembangunan fasilitas umum di wilayah Kabupaten Rejang Lebong (RL).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) RL mewacanakan, akan melakukan penghibahan lahan masyarakat yang ada di Desa Pungguk Lalang Kecamatan Curup Selatan kepada pihak desa yang bersangkutan untuk melakukan pembangunan, masjid, PAUD dan juga gedung serba guna (GSG).

Dimana dalam upaya nya, pada Selasa 18 oktober kemarin, Pemkab RL yang diwakili Asisten II Setdakab RL Drs Asli Samin SKep MKep dan juga pejabat Pemda lainnya bersama camat dan kades setempat melaksanakan rapat atau musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian lahan tersebut sebagai langkah awal di Ruang Rapat Asisten I Pemda RL dengan pihak PUPRPKP RL sebagai OPD yang merupakan leading sektor dalam hal tersebut.

"Sebelumnya beberapa waktu lalu pihak Desa Pungguk Lalang sudah mengajukan proposal untuk melakukan pembangunan masjid, PAUD, dan juga GSG. Dimana untuk membangun bangunan tersebut, pihak desa yang bersangkutan tidak memiliki lahan lagi. Untuk itu, kami Pemkab RL akan membeli lahan milik masyarakat yang luasnya kurang lebih setengah hektar, untuk dijadikan tempat pembangunan yang akan dihibahkan kepada pihak desa tersebut," ujar Asli.

BACA JUGA: MTs Negeri 1 Kepahiang Rebut 3 Juara Gelora Nusantara

BACA JUGA: Usulan DAK Dikbud Rp 44,39 Miliar 

Masih dikatakan Asli, pada hasil musyawarah yang dilaksanakan kemarin.

Sudah ditemukan titik kesepakatan antara pemilik lahan dengan Pemkab RL.

Dimana penawaran yang diberikan Pemkab RL, disambut dan diterima baik oleh pemilik lahan tersebut.

Untuk itu tinggal melaksanakan proses penyelesaian administrasi lebih lanjut saja.

BACA JUGA: Asisten III Kandidat Sekda Benteng

BACA JUGA: Regsosek Sasar 90 Ribu KK Berakhir 14 November

"Alhamdulillah musyawarah yang kami lakukan berjalan lancar. Dimana pemilik lahan menyetujui harga ganti rugi yang diberikan oleh kami. Jadi saya rasa lahan tersebut nantinya bisa didirikan bangunan seperti yang sudah diwacanakan sejak awal," ucap Asli.

Lebih lanjut Asli juga menyampaikan, jika proses administrasi nantinya sudah diselesaikan.

Maka akan dilaksanakan serah terima lahan hibah dari Pemkab RL untuk Desa Punggung Lalang.

Dimana Pemkab berharap, agar lahan tersebut nantinya dapat digunakan sebaik mungkin untuk masyarakat luas, khususnya masyarakat Desa Pungguk Lalang.

BACA JUGA: Warga Keluhkan Camat Jarang Ngantor Mardin: Kami Bakal Sidak

BACA JUGA: Pimpin Apel Siaga Bencana Bupati Minta Personel Sigap Bencana

"Setelah proses administrasi selesai, kita akan melaksanakan serah terima hibah lahan. Namun pemerintah hanya menghibahkan lahan saja, untuk pembangunan gedung dan sebagainya itu tanggung jawab desa itu sendiri," sampai Asli.

Disisi lain disampaikan Camat Kecamatan Curup Selatan, Agusti Al Ansar jika dirinya sangat berharap.

Dengan adanya lahan hibah dari Pemda untuk pembangunan di Desa Pungguk Lalang, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar.

Dan juga apa yang sudah diinginkan masyarakat sejak dulu untuk membangun masjid, PAUD, dan juga GSG dapat segera terwujud.

BACA JUGA: Akhir Bulan Ini, MTSN 2 RL Gelar Gerakan Nasional Aksi Bergizi

BACA JUGA: SDN 4 RL Salurkan Bantuan Infaq

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur Pemkab RL mau menghibahkan lahan masyarakat tersebut untuk pembangunan fasilitas umum di RL khususnya di Desa Pungguk Lalang. Mudah-mudahan, semuanya berjalan lancar seperti yang sudah direncanakan sejak awal," singkat camat.

Sumber: