Ribuan Warga RL Nikmati PKH

Ribuan Warga RL Nikmati PKH

IST/CE KPM PKH Rejang Lebong menerima pencairan uang PKH tahap II.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM  - Ribuan keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Rejang Lebong telah menikmati bantuan sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI tersebut.

Ini sebagaimana disampaikan Koordinasi Daerah (Korda) PKH Kabupaten Rejang Lebong, Firdaus yang diwawancara di Curup, bahwa di tahap II hingga termin ke-5 warga penerima PKH tercatat sebanyak 9.151 KPM.

"Sekarang kita masih ditahap II termin ke-5, jumlah KPM yang sudah menikmati dan mengantongi uang PKH sudah lebih dari 9 ribu KPM se Rejang Lebong," ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya menyebutkan, adapun  total uang yang sudah tersalurkan dari Kemensos RI kepada para KPM sejumlah itu sebesar Rp 6.352.900.000.

Ia memaparkan, untuk banyaknya KPM berdasarkan masing-masing wilayah kecamatan mulai dari Kecamatan Bermani Ulu 629 KPM, Bermani Ulu Raya 530 KPM, Binduriang 291 KPM, Curup 584 KPM, Curup Selatan 512 KPM, Curup Tengah 463 KPM, Curup Timur 503 KPM, Curup Utara 621 KPM, Kota Padang 869 KPM, Padang Ulak Tanding (PUT) 1.260 KPM, Selupu Rejang 979 KPM, Sindang Beliti Ilir 639 KPM, Sindang Beliti Ulu 487 KPM, Sindang Dataran 368 KPM dan Sindang Kelingi 416 KPM.

BACA JUGA:

"Terbanyak KPM di wilayah Kecamatan PUT dan sedikit Binduriang. Ini berdasarkan data yang kami rekap hingga termin ke-5 di tahap II sekarang," paparnya.

Masih dikatakan Firdaus, jika dibandingkan dengan pencairan tahap I lalu, KPM yang menerima dan menikmati PKH tahap I sebanyak 9.103 KPM. Ini berdasarkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) yang masuk.

"Artinya ada penambahan jumlah KPM yang menerima PKH di tahap II ini," ujarnya.

Ia menambahkan, adapun besaran yang diterima masing-masing KPM PKH di Rejang Lebong tentunya bervariatif, ini bergantung pada komponen penerima itu sendiri.

Seperti komponen kesehatan yang terdiri dari balita dan ibu hamil (Bumil) masing-masing mendapat uang sebesar Rp 750 ribu per tahap, komponen pendidikan jenjang SD Rp 225 ribu per tahap, jenjang SMP Rp 375 ribu per tahap dan SMA Rp 500 ribu per tahap.

"Kemudian komponen kesejahteraan sosial terdiri dari penyandang disabilitas dan lanjut usia (Lansia) yang masing-masing dapat bansos sebesar Rp 600 ribu per tahap,"

BACA JUGA:

Sumber: