Pendaftaran Berakhir Besok, 307 Peserta Daftar PPPK Guru

Pendaftaran Berakhir Besok, 307 Peserta Daftar PPPK Guru

NICKO/CE Suasana di Ruang Pengembangan BKPSDM saat melakukan pengecekan peserta yang mendaftar PPPK Guru. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pendaftar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Guru di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 307 peserta. 

Berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan, pada Minggu 13 November besok proses pendaftaran akan berakhir. 

Sebagaimana disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) RL Andhy Afrianto SE, jika sampai Jum'at 11 November siang kemarin, baru ada 307 pendaftar dari 500an orang lebih yang diperkirakan memenuhi persyaratan untuk menjadi PPPK Guru di RL.

BACA JUGA:Korban Perkosaan Dijamin Balai

BACA JUGA:Tekan Angka Stunting, Pemkab Tingkatkan Pokjanal Posyandu

"Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, besok pendaftaran PPPK untuk tenaga guru ditutup. Dimana sejauh ini, baru ada 307 peserta yang sudah terdaftar di aplikasi," ujarnya.

Dikatakan Andhy, setelah proses pendaftaran ditutup, pada Tanggal 14-15 akan dilanjutkan dengan tahap verifikasi lanjutan terhadap para TKS yang sudah mendaftar tersebut.

Dimana akan diseleksi dan dipilih sebanyak 141 formasi PPPK tenaga guru yang dibutuhkan, serta akan diumumkan melalui media cetak Surat Kabar Harian (SKH) Curup Ekspress (CE) pada tanggal 15 Nobember Tahun 2022.

BACA JUGA:300 Pelamar PPPK Sudah Upload Dokumen

 

"Untuk para TKS yang belum mendaftarkan dirinya pada PPPK guru di RL, kami harapkan segera mendaftar. Karena waktu pendaftaran tinggal 2 hari lagi dengan besok. Jadi akan sangat disayangkan jika peserta yang sudah memenuhi syarat tidak mendaftarkan dirinya," sampai Andhy.

Adapun beberapa kendala yang terjadi sesuai dengan laporan beberapa peserta sambung Andhy, sehingga peserta yang mendaftar belum maksimal. Dikarenakan masih melakukan penyesuaian dengan aplikasi di dapodik pusat dan SSCASN BKN.

"Sejauh ini memang ada beberapa kendala yang dihadapi para peserta, yakni penyesuaian dengan dapodik pusat dan SSCASN BKN. Untuk itu di hari terakhir besok, kami prediksi peserta yang mendaftar bisa mencapai angka 500an orang sesuai dengan data TKS yang memenuhi syarat untuk mendaftar PPPK," ucap Andhy.

PPPK Kesehatan Baru 1 Pendaftar

SEMENTARA itu Andhy juga menyampaikan, untuk PPPK Tenaga kesehatan yang sudah mulai dibuka sejak Tanggal 4 November lalu.

Sampai saat ini Jum'at 11 November siang kemarin, baru 1 orang peserta yang mendaftar. Sedangkan kuota yang disediakan di RL sebanyak 92 formasi, serta diperkirakan ada ribuan peserta yang memenuhi persyaratan untuk mendaftar PPPK tenaga kesehatan di RL karena dibuka untuk seluruh peserta se-Indonesia.

"Kalau untuk PPPK tenaga kesehatan, itu dibuka untuk umum dari seluruh daerah se-indonesia dari tanggal 4-18 November mendatang. Dan akan diumumkan hasilnya pada Tanggal 19-20 November. Namun dengan kondisi yang terjadi saat ini, baru ada 1 orang peserta yang mendaftar PPPK tenaga kesehatan di RL," ucap Andhy.

Dikatakan Andhy, hal tersebut terjadi lantaran ada beberapa perbedaan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar PPPK kesehatan ini dengan PPPK tenaga guru.

BACA JUGA:Ikut Sukseskan TMMD, Bukti Jurnalis Bagian dari TNI

BACA JUGA:Asik.. APBD-P Rejang Lebong Sudah Bisa Cair

Dimana untuk tenaga kesehatan, mereka harus meminta rekomendasi terlebih dahulu kepada atasan maupun kepala unitnya untuk menyetujui mereka dalam mengikuti seleksi PPPK.

Serta persyaratan yang harus dipenuhi lainnya, minimal kerja selama 2 tahun dan memiliki kinerja yang baik sepanjang karirnya.

"Untuk persyaratan PPPK Tenaga Kesehatan sedikit berbeda dengan PPPK Tenaga guru. Karena seleksi tenaga kesehatan dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN). Sehingga ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi seperti pembuatan materai elektronik untuk mendaftar," sampai Andhy.

BACA JUGA:Roadshow di SDN 127 RL Sukses, Pagi Ini Giliran SDN 22 RL

BACA JUGA:Longsor Karang Endah Telan Kerugian Capai Rp 150 Juta

Meski demikian Andhy memperkirakan, dimulai dari Hari Senin hingga Jum'at mendatang. Akan banyak peserta yang mendaftar PPPK tenaga kesehatan sesuai dengan banyaknya jumlah peserta yang memenuhi persyaratan di seluruh wilayah Indonesia.

"Saya yakin, mulai Hari Senin besok, akan terjadi pembludakan peserta yang mendaftar di aplikasi yang sudah disediakan. Untuk itu tinggal menunggu waktunya saja peserta mendaftar," ucapnya.

Lebih lanjut Andhy juga mengingatkan dan menghimbau, agar peserta yang sudah menyiapkan semua pemberkasannya untuk segera mendaftarkan dirinya melalui aplikasi.

BACA JUGA:300 Pelamar PPPK Sudah Upload Dokumen

BACA JUGA:Stadion Bakal Diperbaiki

Serta jangan mempercayai oknum yang menjanjikan kelulusan PPPK dengan meminta imbalan dan sebagainya. Karena PPPK yang dilaksanakan tersebut sifatnya gratis, tinggal tergantung dengan peserta itu sendiri bisa lulus atau tidak.

 

"Kami tegaskan kepada semua peserta yang mendaftar PPPK, agar tidak mempercayai siapapun oknum yang menjanjikan kelulusan. Karena kelulusan PPPK ini bisa diciptakan oleh peserta itu sendiri. Namun jika ada yang kurang paham dengan proses yang harus diikuti, bisa langsung datang ke BKPSDM untuk meminta petunjuk," tutup Andhy. 

Sumber: