5 Fakta Palestina Dalam Al-Quran

5 Fakta Palestina Dalam Al-Quran

Sumber foto artikel @dakwatuna.com--

NASIONAL,CURUPEKSPRESSS.COM - Perseteruan antara Palestina dan Zionis Israel masih belum usai. Banyak sekali korban jiwa yang meninggal dunia akibat dari penjarahan yang dilakukan Zionis atas Palestina.Meski demikian, Palestina merupakan tanah yang telah dijanjikan dan diberkahi oleh Allah Subhanahu wa taala.
Sahabat Curup Ekspress, adapun 5 fakta tentang Palestina yang disebutkan Allah dalam Al-Quran sebagai berikut,


1. Surah Al Isra ayat 1


Dalam Al-Quran, Allah Subhanahu wa taala menyebut Masjid Al-Aqsa dan wilayah sekitarnya ada tanah yang diberkahi. Ini tertera dalam Surat Al-Isra ayat 1 berikut,

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya : "Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjid Al-Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (QS. Al Isra ayat 1)

Allah Subhanahu wa taala menerangkan bahwa Masjidil Aqsa dan wilayah-wilayah yang ada disekitarnya mendapat berkah dari Allah karena menjadi tempat turunnya wahyu kepada para nabi.
Tanahnya di suburkan, sehingga menjadi daerah yang makmur. Di samping itu, masjid tersebut termasuk di antara masjid yang menjadi tempat peribadatan para Nabi dan Rasul bahkan sebagai tempat tinggal mereka.

BACA JUGA:


2. Al Anbiya Ayat 105,


Allah Subhanahu wa Taala berfirman:

وَلَقَدْ كَتَبْنَا فِى الزَّبُوْرِ مِنْۢ بَعْدِ الذِّكْرِ اَنَّ الْاَرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِيَ الصّٰلِحُوْنَ

Artinya : Sungguh, Kami telah menuliskan di dalam Zabur setelah (tertulis) di dalam aż-Żikr (Lauhulmahfuz) bahwa bumi ini akan diwarisi oleh hamba-hamba-Ku yang saleh." (QS. Al Anbiya ayat 105)

Maksud dari ayat ini ialah Allah telah menurunkan kitab kepada para rasul, seperti Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qur'an.
Dalam kitab-kitab itu diterangkan bahwa bumi ini adalah kepunyaan Allah, diwariskan kepada siapa yang dikehendaki-Nya.
Allah telah menetapkan juga dalam ayat ini, bahwa hamba-hamba yang mewarisi bumi itu ialah hamba-hamba yang sanggup mengolah bumi dan memakmurkannya, selama dia mengikuti petunjuk Allah.

BACA JUGA:


3. Surah Al Anbiya ayat 71


Dalam surah itu Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَنَجَّيْنٰهُ وَلُوْطًا اِلَى الْاَرْضِ الَّتِيْ بٰرَكْناَ فِيْهَا لِلْعٰلَمِيْنَ

Artinya : "Kami menyelamatkannya (Ibrahim) dan Lut ke tanah (Syam) yang telah Kami berkahi untuk seluruh alam." (QS. Al Anbiya ayat 71)

BACA JUGA: Ratusan Ribu Warga Palestina Sempat Terusir dari Tanah Sendiri, Ini Faktanya!


4. Surah Al Araf ayat 137


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَاَوْرَثْنَا الْقَوْمَ الَّذِيْنَ كَانُوْا يُسْتَضْعَفُوْنَ مَشَارِقَ الْاَرْضِ وَمَغَارِبَهَا الَّتِيْ بٰرَكْنَا فِيْهَاۗ وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ الْحُسْنٰى عَلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَۙ بِمَا صَبَرُوْاۗ وَدَمَّرْنَا مَا كَانَ يَصْنَعُ فِرْعَوْنُ وَقَوْمُهٗ وَمَا كَانُوْا يَعْرِشُوْنَ

Artinya : "Kami wariskan kepada kaum yang selalu tertindas itu, bumi bagian timur dan bagian baratnya yang telah Kami berkahi. (Dengan demikian,) telah sempurnalah firman Tuhanmu yang baik itu (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka. Kami hancurkan apa pun yang telah dibuat Fir'aun dan kaumnya serta apa pun yang telah mereka bangun." (QS. Al Araf ayat 137)

Ayat ini ingin menjelaskan, tentang nikmat Allah yang terbesar kepada Bani Israil yang tinggal di kawasan yang kini Palestina, setelah ditindas dan diperbudak oleh Fir'aun dan kaumnya.
Nikmat tersebut adalah mewarisi kawasan barat dan timur yang subur dan diberkahi Allah. Dengan demikian janji Allah terhadap Bani Israil telah terlaksana dengan sempurna, kenikmatan ini merupakan imbalan dari kesabaran mereka mengikuti ajaran Nabi Musa dan agama Allah yang benar.

BACA JUGA:



5. Surah Al Maidah ayat 21


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

يٰقَوْمِ ادْخُلُوا الْاَرْضَ الْمُقَدَّسَةَ الَّتِيْ كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ وَلَا تَرْتَدُّوْا عَلٰٓى اَدْبَارِكُمْ فَتَنْقَلِبُوْا خٰسِرِيْنَ

Artinya : Wahai kaumku, masuklah ke tanah suci (Baitulmaqdis) yang telah Allah tentukan bagimu dan janganlah berbalik ke belakang (karena takut kepada musuh), nanti kamu menjadi orang-orang yang rugi." (QS. Al Maidah ayat 21)

Berdasarkan tafsir Kementrian Agama RI yakni Nabi musa selanjutnya berkata kepada kaumnya, wahai kaumku! masuklah ke tanah suci, yaitu tanah palestina yang disucikan dari kemusyrikan karena banyaknya nabi-nabi yang diutus di tanah itu, itulah tanah yang telah ditentukan Allah bagimu dalam ilmu-Nya yang azali untuk memasukinya dan merasakan kedamaian di dalamnya apabila engkau beriman dan taat kepada perintah-Nya, dan janganlah kamu berbalik ke belakang karena takut kepada musuh, nanti kamu menjadi orang yang rugi di dunia dan akhirat karena kamu tidak mempercayai jaminan Allah bahwa tanah itu ditetapkan Allah bagimu untuk memasukinya.
Demikianlah penjelasan mengenai 5 ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang tanah Palestina yang pada posisi sekarang sedang berjuang melawan penjajahan Israel.

Sumber: