Lagi, Desa di RL Juara Lomba Dewi Provinsi

Lagi, Desa di RL Juara Lomba Dewi Provinsi

IST/CE Kades IV Suku Menanti saat meraih juara lomba Dewi, Sabtu malam kemarin.--

REJANGLEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Salah satu desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong, yakni Desa IV Suku Menanti, Sindang Dataran berhasil meraih juara I lomba desa wisata (Dewi) tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2023 dan menyingkirkan empat desa pesaingnya di lima besar kemarin.

 

Piala dan hadiahnya diterima secara langsung oleh Kades IV Suku Menanti dari Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah, pada malam puncak peringatan HUT Provinsi Bengkulu, di halaman Balai Raya Semarak, Sabtu, (18/11) malam.

BACA JUGA:

Kades IV Suku Menanti, Jumari mengatakan jika dirinya sungguh tidak menyangka desa yang ia pimpin bisa keluar dan terpilih sebagai juara dalam lomba Dewi tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2023

"Benar-benar saya tidak menyangka Desa IV Suku Menanti bisa keluar sebagai juara, tentu ini membuat saya merasa sangat senang dan bahagia," sampainya.

Keberhasilan ini, kata dia, merupakan keberhasilan seluruh warga Desa IV Suku Menanti. Berkat kekompakan seluruh warga, perangkat desa dan lembaga desa prestasi ini akhirnya bisa dicapai dan diraih.

BACA JUGA:

 

"Selain warga desa juga ini tidak terlepas dari dukungan pihak-pihak terkait. Khususnya, Dinas Pariwisata Rejang Lebong yang aktif melakukan pembinaan juga termasuk Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu," ujar Jumari.

Bupati Rejang Lebong, Drs H Syamsul Effendi MM yang hadir dalam acara malam puncak peringatan HUT Provinsi Bengkulu itu menyampaikan, bahwa potensi wisata alam Rejang Lebong memang indah. Selain udaranya yang sejuk dan dingin, panorama alam pegunungan di wilayah pedesaan nya sangat eksotis.

Terbukti sudah 3 desa terpilih menjadi juara nasional dan juara provinsi.

"Desa wisata yang menjadi juara di tingkat nasional adalah Desa Wisata Belitar Seberang yang memiliki objek alam air terjun panas dingin. Lalu Desa Sumber Urip yang memiliki objek wisata Gunung Kaba meraih juara II tahun 2022. Dan sekarang Desa IV Suku Menanti yang baru terpilih sebagai juara I lomba Dewi tingkat Provinsi tahun 2023," terang Bupati.

BACA JUGA:

 

Dalam kesempatan itu Bupati juga menuturkan, keberhasil Desa Belitar Seberang, Sumber Urip dan IV Suku Menanti ini diharapkan dapat memacu semangat desa-desa lain untuk membangun dan mengembangkan potensi wisata di desanya masing-masing.

Karena sektor wisata ini merupakan salah satu sektor pemacu peningkatkan pendapatan masyarakat dan desa.

"Kami mengajak desa untuk terus membenahi dan lengkapi sarana dan prasarana penunjang wisata. Sehingga, pengunjung dapat ramai dan nyaman mengunjungi desa kita. Jika pengunjung banyak maka pendapatan masyarakat dan desa pun akan meningkat," tuturnya.

BACA JUGA:

 

Ditambahkannya, Pemkab Rejang Lebong melalui Dinas Pariwisata setempat siap untuk membantu dan mendukung serta melakukan pembinaan pengembangan wisata dan sektor UMKM.

Adapun masing-masing desa yang mendapat juara di lomba Dewi kali ini, juara II diraih oleh Kampung Wisata Kemumu, Bengkulu Utara. Juara III Desa Tangsi Duren, Kabawetan, Kepahiang. Juara IV Desa Batu Ampar, Bengkulu Selatan. Serta juara V diraih Desa Pulau Baru, Mukomuko.

Sumber: